Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Yuk, Kunjungi 10 Pantai Eksotis dan Anti Mainstream di Jogja Lantai Dua

Avatar photo
×

Yuk, Kunjungi 10 Pantai Eksotis dan Anti Mainstream di Jogja Lantai Dua

Share this article
Yuk, Kunjungi 10 Pantai Eksotis dan Anti Mainstream di Jogja Lantai Dua

Jogja punya lantai dua? Sudah pernah dengar atau baru pertama mendengarnya? Bukan hanya rumah yang punya lantai dua loh, Jogja juga punya. Sebutan Jogja Lantai Dua ini sudah mulai sering terdengar di beragam akun sosial media.

Jogja Lantai Dua merupakan sebutan bagi wilayah Gunungkidul yang merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunungkidul kini lebih dikenal dengan sebutannya sebagai Jogja Lantai Dua sebab letaknya berada di atas Kota Yogyakarta.

Promo Kredivo

Di wilayah ini terdapat beragam wisata alam dan puluhan pantai yang berjajar dengan keunikan tersendiri. Saking banyaknya pantai yang terdapat di wilayah ini, para wisatawan terkadang bingung harus menyambangi yang mana meskipun kamu bisa menyusuri satu pantai ke pantai lain hanya dengan berjalan kaki melintasi bukit-bikit.

Sudah banyak pantai di wilayah ini yang dikenal dan ramai oleh pengunjung. Tapi nggak seru kan kalau kamu liburan dan harus berjejal dengan ratusan pengunjung lainnya atau susah mencari parkir? Nah, berikut sepuluh pantai anti mainstream di Jogja Lantai Dua yang jarang dikunjungi banyak orang dan tentunya wajib untuk kamu datangi.

1. Rasakan Sensasi Berendam di Kolam Alami Pantai Wediombo

Mau berendam dengan tenang di tengah lautan? Di pantai ini kamu bisa menikmatinya. Terdapat sebuah kolam alami yang terbentuk dari batuan karang. Meskipun begitu, harus tetap waspada sebab ombak yang besar juga bisa menyapu kolam tersebut. Saat pagi hari kamu bisa menikmati pemandangan orang-orang surfing di pantai ini. Di tempat ini pula kamu bisa mendirikan tenda atau pun berhammock ria.

Baca Juga:  Menikmati Jajaran Pegunungan Purba di Jogja Lantai Dua

2. Romantisnya Matahari Tenggelam di Pantai Watu Kodok

Pantai yang masih perawan ini memiliki beragam keindahan yang pastinya masih asri dan alami. Kamu bisa memandangi hamparan Pantai Drini dari atas bukit. Selain hamparan pasir putih yang lembut dan lautan yang biru, kamu bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam dan matahari terbit yang romantis. Di pantai ini juga kamu bisa mendapatkan ketenangan.

3. Tenangkan Pikiranmu Sejenak di Pantai Wohkudu

Untuk mencapai pantai ini kamu memerlukan perjuangan ekstra, sebab diperlukan tracking selama beberapa menit melalui track yag berbukit dan berbatu. Pantai ini berada satu jalur dengan Pantai Kesirat dan kamu hanya bisa menitipkan kendaraan di Pantai Kesirat. Suasana sepi dan natural akan terbayar setelah perjuanganmu melewati track sulit untuk sampai ke pantai ini.

4. Sensasi Piknik Private di Pantai Dadap Ayam

Pantai yang sangat terpencil ini hanya sering didatangi oleh warga lokal yang mencari tanaman Dadap Ayam untuk obat tradisional atau rumput laut yang tumbuh di cekungan batu karang. Bawalah perbekalan dan alas duduk jika piknik ke pantai yang paling tersembunyi ini. Hembusan angin laut dan deburan suara ombak bisa membuat pikiranmu kembali fresh. Segera kunjungi pantai yang satu ini sebelum aksesnya lebih mudah dan tidak menjadi private lagi.

5. Nikmati Air Terjun di Bibir Pantai Jogan

Pantai ini kerap terlewatkan oleh para wisatawan karena harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh beberapa ratus meter dari Pantai Siung. Pantai Jogan ini memiliki sebuah keindahan tersembunyi yang wajib banget kamu abadikan. Sebuah air terjun yang langsung jatuh dari tebing ke bibir laut. Tersembunyi di balik perbukitan kapur di kawasan Goepark Gunung Sewu ini kamu bisa mendapatkan ketenangan dengan menikmati keindahan yang luar biasa.

Baca Juga:  Batu Night Spectacular, Menggabungkan Keindahan Alam dengan Hiburan Modern

6. Serunya Snorkeling di Akuarium Raksasa Pantai Nglambor

Berbeda dari pantai-pantai yang ada di Ginungkidul, di pantai ini kamu bisa snorkeling seru sebab ombaknya jauh lebih tenang. Berkat adanya pulau-pulau karang, ombak besar akan jinak ketika tiba di pantai ini. Aksesnyaa yang sulit dicapai menjadikan suasana pantai ini terasa private dan eksklusif. Air lautnya yang jernih membuatmu bisa melihat langsung terumbu karang dan aneka biota laut dari permukaan layaknya akuarium raksasa.

7. Syahdunya Suasana Alam Pantai Watulawang

Pantai Watulawang terapit oleh Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal yang sudah lebih terkenal dan banyak dikunjungi oleh para pengunjung. Lokasinya yang tersembunyi juga membuat suasana di pantai ini lebih tenang dan damai. Pantai Watulawang dianggap keramat karena sering digunakan untuk upacara adat Nyadran.

8. Menikmati Aneka Seafood Segar di Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan memiliki keunikan yang menawan dan menawarkan hamparan pasir putih tersembunyi di antara dinding-dinding karang. Di tempat ini kamu bisa menikmati aneka seafood segar dari warung yang tersedia. Selain itu, kamu bisa langsung menyaksikan aktivitas para nelayan setempat dan turut memancing bersama mereka.

9. Camping dan Tracking Bukit Kosakora di Pantai Ngrumput

Pantai sepi dan tersembunyi ini memiliki sebuah ketenangan dan kedamaian tersendiri. Untuk mencapai pantai ini kita harus berjalan kaki sekitar 700 meter. Di Pantai yang tenang ini kamu bisa camping ceria tanpa kebisingan. Diapit oleh bukit-bukit karang, pantai ini memiliki sebuah tempat yang mulai hits di Instagram. Bukit Kosakora. Bukit yang mulai hits ini terdapat di Pantai Ngrumput. Jadi, kalau kamu mau ke Bukit Kosakora, kamu harus datang dulu ke Pantai Ini.

Baca Juga:  Mengunjungi Rumah Hobbit di Lembang

10. Temukan Sungai Air Tawar tersembunyi di Pantai Greweng

Pantai yang berada di sebelah timur Pantai Wediombo ini membutuhkan tracking yang tidak mudah. Jarak tempuh memakan waktu sekitar satu jam melalui medan yang beragam. Meski cukup melelahkan, panorama di Pantai Greweng ini akan membayar segala peluhmu. Terdapat sungai air tawar yang mendukungmu untuk camping di tempat ini.

Untuk menyusuri pantai-pantai di Jogja Lantai Dua ini sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi, sebab angkutan umum akan sanggat sulit kamu temui di wilayah ini. Nah, cantik dan pastinya anti mainstream kan kesepuluh pantai ini untuk kamu jelajahi?