Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah WisataNews

Menengok Si Cantik dari Selat Sunda

Avatar photo
×

Menengok Si Cantik dari Selat Sunda

Share this article
Menengok Si Cantik dari Selat Sunda

Tak jauh dari Jakarta, ada sebuah pulau yang begitu cantik. Namanya Sangiang. Pulau yang terletak di Selat Sunda, perbatasan Pulau Jawa dan Sumatera, ini menawarkan panorama alam yang mengundang decak kagum. Apalagi statusnya sebagai taman wisata alam membuat pulau ini sangat terjaga keaslian alamnya.

Menikmati indahnya lautan dan langit biru berpadu dengan alunan harmoni dari ombak menjadi atraksi wisata andalannya. Bagi yang ingin keseruan lain, Anda bisa melakukan jelajah pulau, snorkeling, hingga menemukan harta karun bekas peninggalan Perang Dunia II.

Promo Kredivo

Kawasan pulau dengan luas 700 hektar ini awalnya tempat menimbun harta karun kekayaan Indonesia, kemudian harta yang ditimbun itu di angkut dengan kapal-kapal ke negara asal penjajah.  Pulau Sangiang juga pernah jadi benteng pertahanan Jepang pada Perang Dunia II.

Kesan sepi ibarat pulau tak berpenghuni membuat para pencari ketenangan menyukai Pulau Sangiang. Kesunyian ini juga yang menggoda kelelawar membangun sarangnya di bagian timur pulau. Kehidupan mamalia terbang di dalam gua ini menambah sensasi petualangan di Pulau Sangiang. Terkadang, jika wisatawan beruntung, ia bisa melihat kelelawar keluar gua dan dimangsa sekawanan hiu yang sinnggah.

Kondisi pulau yang masih alami mengizinkan para petualang lintas alam dengan menyusuri bagian barat, barat laut dan selatan Pulau Sangiang. Mendaki ke atas tebing pantai bisa menjadi salah satu agenda yang menyenangkan. Di atas sana, Anda akan menikmati Pantai Batu Mandi dan keindahan matahari terbenam. Tak hanya pantai landai yang bisa Anda nikmati, karena pantai yang curam pun tak kalah eksotis untuk ditelurusi.

Baca Juga:  Batu Love Garden, Mengenal Destinasi Wisata dengan Sejuta Pesona di Malang

Bagi Anda penggemar wisata bawah laut, jangan lewatkan sensasi menyelam ala scuba diving di perairan Tanjung Raden. Pulau nan kaya biota lautnya ini juga dapat dinikmati dengan cara snorkeling ataupun free diving. Selain itu, Anda juga menikmati wisata di Legon Waru dimana terdapat Muara Hutan Bakau, Pantai Pasir Panjang, dan juga wisata glass bottom boat yang memungkinkan Anda menikmati keindahan ikan-ikan lucu dan terumbu karang beraneka warna di dalam laut.

Meskipun minim fasilitas, tak membuat pulau ini dilupakan wisatawan. Malahan, mereka datang ingin merasakan sensasi berkemah di alam bebas sambil menikmati keindahan pulau yang masih asri.

Jika ingin ke pulau ini dari Jakarta menggunakan bis, Anda dapat melewati rute Merak — Terminal bayangan PCI — Simpang tiga Cilegon — Pelabuhan Paku-Anyer, kemudian melanjutkan menyebrang dengan menggunakan perahu motor sekitar 45 menit. Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke Pulau Sangiang? Yuk, ke sini aja!