Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Taman Rekreasi Sengkaling, Perpaduan Sempurna Antara Keseruan & Keaslian Alam Malang

Avatar photo
×

Taman Rekreasi Sengkaling, Perpaduan Sempurna Antara Keseruan & Keaslian Alam Malang

Share this article
Taman Rekreasi Sengkaling, Perpaduan Sempurna Antara Keseruan & Keaslian Alam Malang

Nikmati keindahan alam Malang dengan merasakan keseruan dan keaslian yang menyatu harmonis di Taman Rekreasi Sengkaling.

Tersembunyi di kawasan Malang, Jawa Timur, Taman Rekreasi Sengkaling menjadi oase kegembiraan dan kedamaian bagi setiap pengunjungnya. Di tempat ini, alam dan rekreasi bergabung menjadi satu, menciptakan suasana yang sempurna untuk keluarga dan teman-teman.

Promo Kredivo

Dari gemericik air yang tenang, area bermain yang seru, hingga keindahan taman yang terawat, Sengkaling menjadi tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kesibukan sehari-hari.

Wahana Menarik di Taman Rekreasi Sengkaling

Kolam Indah Tirta Sari
Foto: Google Maps/Novi Diaz S

Di Sengkaling Malang, Anda akan disuguhkan berbagai wahana permainan air, termasuk kolam renang sebagai atraksi utama. Berikut adalah beberapa wahana dan aktivitas yang wajib Anda jelajahi saat berkunjung:

1. Kolam Keajaiban Primitif

Kolam ini menjadi favorit di antara pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Dekorasi batu-batuan pada dinding kolam memberikan nuansa goa prasejarah yang unik.

Meski bernuansa primitif, kolam ini dirancang khusus bagi anak-anak untuk menikmati berbagai permainan air, seperti seluncuran, area semburan air, ember tumpah, dan lainnya. Tersedia pula sebuah panggung yang cocok untuk berbagai event, dari ulang tahun hingga perlombaan, dengan kapasitas hingga 200 orang.

2. Kapal Legenda Bajak Laut

Dari jauh, Anda akan melihat siluet kapal di tepian danau buatan yang luas, didekorasi dengan warna-warna cerah. Meski diberi label “Kapal Misteri”, bangunan ini sebenarnya hanya replika kapal.

Namun, jangan salah, banyak kesenangan yang bisa Anda temukan di dalamnya. Anda dapat menjelajahi setiap sudutnya sambil berfoto dengan latar belakang pemandangan indah. Yang menarik, ada kolam renang di atas kapal, memberikan pengalaman bermain air yang berbeda.

3. Kolam Indah Tirta Sari

Mirip dengan Kolam Keajaiban Tirta Alam, Kolam Indah Tirta Sari menyajikan kesegaran dari mata air alami. Kolam dengan kedalaman yang aman ini cocok untuk semua usia. Di sisi kolam, ada pool bar yang menawarkan berbagai makanan dan minuman.

Baca Juga:  Ingin Terbang? Rasakan Sensasi Jadi Aladin di Dago Dream Park, Bandung

Untuk Anda yang ingin bersantai, gazebo telah disediakan. Tak lupa, Anda juga dapat mencoba sensasi bermain dengan Bumper Boat di kolam ini, serasa bermain mobil-mobilan namun di atas air.

4. Kolam Sumber Tirta Alam

Kolam Sumber Tirta Alam menawarkan kesegaran air alami langsung dari mata air terdekat. Suasana kolam ini memberikan sensasi berbeda, lebih alami dibandingkan kolam renang konvensional.

Dalam area Taman Rekreasi Sengkaling di Malang ini, tersedia dua kolam dengan ukuran berbeda untuk anak-anak dan dewasa. Kolam untuk dewasa memiliki kedalaman hingga 2 meter, memungkinkan Anda untuk menyelam dan menikmati kesegaran hingga ke dasar kolam.

Banyak pengunjung percaya bahwa air kolam ini memiliki manfaat kecantikan, menjadikannya sebagai tujuan bagi mereka yang ingin merasakan sendiri kebenaran dari klaim tersebut.

5. Kolam Gurita Ceria

Salah satu atraksi menarik di Sengkaling Malang adalah Kolam Gurita Ceria. Seperti namanya, kolam ini memiliki patung gurita besar di tengah-tengahnya, dengan tentakel yang memancurkan air.

Anak-anak dapat merasakan sensasi bermain seluncuran dari atas patung gurita menuju kolam yang ramah untuk mereka. Kolam ini menjadi alternatif saat kolam-kolam lainnya ramai.

6. Beragam Wahana Seru

Di Sengkaling Malang, terdapat berbagai jenis permainan yang siap menghibur Anda dan keluarga. Salah satunya adalah kereta mini yang mengelilingi area bermain. Tidak hanya itu, ada juga area bermain yang dirancang untuk melatih motorik anak.

Bagi Anda yang menyukai permainan klasik, komidi putar dan bombom car tersedia untuk Anda coba. Dan bagi yang suka bermain di atas air, sepeda air serta perahu motor siap menambah kesenangan Anda di sana. Semua ini memastikan bahwa setiap saat Anda di Malang akan terisi dengan kegembiraan bersama keluarga.

Baca Juga:  Yuk Liburan di The Lodge Maribaya, Wisata Paket Lengkap yang Bisa Kamu Nikmati di Bandung

Alamat dan Rute Menuju Taman Rekreasi Sengkaling

Terletak di Jl. Raya Mulyoagung No.188, Jetis, Mulyoagung, Kec. Dau, Malang, Taman Rekreasi Sengkaling mudah diakses dari pusat kota Malang. Dengan jarak kira-kira 10 km, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 17 menit melalui Jl. Batu Malang.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi peta, seperti Google Maps, untuk mendapatkan petunjuk arah terlengkap dari lokasi Anda. Bagi Anda yang tidak familiar dengan area tersebut, ada opsi menyewa jasa sopir dari penyewaan Avanza di Malang atau memanfaatkan layanan biro perjalanan yang ada di kawasan tersebut.

Jam Operasional dan Harga Tiket Taman Rekreasi Sengkaling

Sengkaling siap menyambut Anda setiap hari dari jam 08:00 sampai 17:00 WIB. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, sebaiknya datanglah di pagi hari, terutama saat akhir pekan. Datanglah saat cuaca cerah, terutama di musim kemarau, agar Anda dapat menikmati setiap aktivitas tanpa gangguan hujan mendadak.

Sebelum menikmati serunya berbagai wahana, Anda perlu membayar tiket masuk di tempat wisata. Berikut detail tarif masuknya:

  • Tiket Umum: Rp. 30.000
  • Tiket untuk Rombongan: Rp. 25.000
  • Paket Tiket Sengkaling: Rp. 65.000
  • Biaya Parkir Sepeda Motor: Rp. 5.000
  • Biaya Parkir Mobil: Rp 10.000

Harap diperhatikan, harga tiket bisa mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan pengelola. Tiket terusan memberi Anda akses ke hampir semua kolam, kecuali Kolam Primitif.

Fasilitas Tambahan di Taman Rekreasi Sengkaling

1. Balai Pertemuan Sengkaling
Foto: Google Maps/Febrian

Taman Rekreasi Sengkaling di Malang ini bukan hanya tentang kolam renang. Berbagai fasilitas menarik lainnya juga tersedia untuk memperkaya pengalaman pengunjung, antara lain:

Baca Juga:  Leuwi Paranje, Merasakan Sensasi River Tubing yang Memacu Adrenalin di Garut

1. Balai Pertemuan Sengkaling

Balai ini sering dijadikan sebagai tempat berbagai acara mulai dari pertemuan bisnis, rapat, hingga acara spesial seperti pernikahan, wisuda, dan perpisahan.

2. Festival Kuliner

Sebuah area dimana pengunjung dapat menjelajahi beragam kuliner, mulai dari hidangan lokal seperti mi goreng dan nasi goreng hingga makanan barat.

3. Area Aktivitas Luar Ruang

Sebuah zona yang menawarkan serangkaian aktivitas seru seperti permainan halang rintang, memancing, flying fox, serta berbagai atraksi lainnya.

4. Air Mancur Raksasa

Terletak tepat di pintu masuk, air mancur ini menawarkan pemandangan menakjubkan dengan air yang bergerak bagaikan tirai dan mampu berputar penuh.

5. Pusat Kebugaran & Aerobik

Bagi pengunjung yang ingin tetap bugar selama kunjungan di Taman Rekreasi Sengkaling Malang ini, pusat kebugaran ini menawarkan kelas aerobik dan latihan fisik dengan bimbingan instruktur profesional.

6. Taman Edukasi Satwa

Sebuah area yang didedikasikan untuk pendidikan, dimana pengunjung dapat mengenal berbagai jenis burung dan spesies lainnya.

Selain fasilitas di atas, Sengkaling juga menawarkan berbagai wahana lain seperti Bom Bom Car, Karusel, Bioskop 4D, Berkuda, dan lain-lain. Fasilitas pendukung seperti toilet dan mushola juga tersedia untuk kenyamanan pengunjung.

Setiap kunjungan ke Taman Rekreasi Sengkaling selalu meninggalkan jejak kenangan di hati. Ini bukan hanya tentang kesenangan yang ditawarkan melalui berbagai wahana rekreasi, tetapi juga tentang menghargai momen bersama dengan orang-orang terkasih.

Sengkaling mengajarkan kita bahwa di tengah-tengah hiruk pikuk kehidupan modern, masih ada sudut-sudut damai di mana kita dapat tersenyum, tertawa, dan terhubung dengan alam dan satu sama lain. Sebuah pengingat bahwa kebahagiaan terkadang dapat ditemukan dalam kesederhanaan.