Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Kebun Teh Wonosari, Sebuah Permata Hijau di Atas Awan Malang

Avatar photo
×

Kebun Teh Wonosari, Sebuah Permata Hijau di Atas Awan Malang

Share this article
Kebun Teh Wonosari, Sebuah Permata Hijau di Atas Awan Malang

Nikmati pesona alam Kebun Teh Wonosari yang memukau di ketinggian Malang, di mana kehijauan menyatu dengan awan.

Sejauh mata memandang, hamparan tanaman teh di Kebun Teh Wonosari membentang, bagai permadani hijau yang terhampar di dataran tinggi Lawang, Malang.

Promo Kredivo

Aroma teh yang segar berhembus lembut di udara, mengajak setiap pengunjung untuk berjalan-jalan di antara barisan tanaman teh yang rapi, sambil menikmati keindahan alam dan ketenangan yang hanya bisa ditemukan di sini.

Cahaya matahari yang menyinari dedaunan teh menciptakan pemandangan magis, seolah gemerlap beribu permata hijau.

Sejarah Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari Malang didirikan pada 1910, pada masa itu berada di bawah pengawasan perusahaan Belanda, NV. Culture Maathappy. Pada awalnya, area ini ditanam dengan teh dan kina.

Namun, selama pendudukan Jepang dengan agenda swasembada pangan, sebagian area ini diubah menjadi lahan pertanian untuk tanaman pangan seperti singkong, ubi, kentang, dan berbagai jenis umbi lainnya.

Setelah Indonesia merdeka dari penjajahan, kepemilikan kebun teh ini dialihkan ke pemerintah Indonesia dan dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) hingga saat ini.

Berdasarkan kondisi iklim dan kualitas tanah yang cocok di kawasan ini, PTPN XII memutuskan untuk mengkhususkan tanaman di area ini untuk teh dan kopi. Salah satu produk unggulan dari kebun teh ini adalah Teh Rolas.

Tidak hanya sebagai tempat produksi teh, Kebun Teh Wonosari di Malang ini juga dibuka sebagai destinasi wisata cantik. Dengan suasana pegunungan yang sejuk dan udara yang menyegarkan, tempat ini menjadi pilihan tepat untuk melepaskan kepenatan dan menyegarkan pikiran.

Pesona Kebun Teh Wonosari

Pesona Kebun Teh Wonosari
Foto: Google Maps/Dewi Ratna

Kebun Teh Wonosari di Malang ini mencakup area seluas kira-kira 1.144 hektar dan berdiri sebagai salah satu kebun teh tertua di Jawa Timur yang juga difungsikan sebagai destinasi wisata.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Malam Malang yang Paling Hits dan Legendaris

PTPN XII, yang telah mengelolanya sejak 1910, menjadikan kebun teh ini bukan hanya sebagai spot dengan pemandangan memukau, namun juga sebagai tempat di mana pengunjung bisa mengintip proses dari daun teh hingga menjadi secangkir teh yang nikmat. Selain itu, beberapa aktivitas menarik seperti flying fox dan berkuda dapat dinikmati di sini.

1. Wisata Pengetahuan

Di Kebun Teh Wonosari Malang, pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan keindahan alamnya, tetapi juga diajak untuk memahami proses pembuatan teh. Mulai dari teknik memetik, pengolahan, hingga penyajian, semuanya bisa dipelajari di sini. Tidak hanya itu, ada pula pabrik teh yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

2. Kuliner yang Menyentuh Selera

Sebelum menjelajahi berbagai wahana, Anda bisa menikmati kuliner khas di sini. Kebun teh ini menawarkan berbagai hidangan lezat, mulai dari bakso, jagung bakar, hingga berbagai lalapan.

3. Jelajah Kebun dengan Tea Walk

Tea walk, atau berjalan di tengah-tengah kebun teh, adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung. Meski ada pilihan untuk berkeliling menggunakan kereta mini, berjalan kaki memberikan sensasi kedekatan dengan alam dan kebugaran tubuh.

4. Petualangan Flying Fox

Setelah menikmati wisata edukatif dan tea walk, saatnya meningkatkan adrenalin Anda dengan mencoba flying fox. Aktivitas ini menjadi salah satu wahana favorit bagi mereka yang mencari sensasi petualangan di alam terbuka.

5. Mengendari Kuda

Setelah adrenalin Anda terpacu oleh flying fox, ada kegiatan lain yang tidak kalah seru, yaitu mengendari kuda. Dengan biaya yang terjangkau, Anda bisa menikmati pengalaman berkuda di tengah-tengah kebun teh.

Baca Juga:  Damai dan Cantiknya Desa Penglipuran Bali, Ini Kata Menpar

6. Main Paint Ball

Tantangan lain yang bisa Anda coba adalah permainan paint ball, simulasi pertempuran yang menarik dan penuh aksi. Untuk berpartisipasi, Anda hanya perlu membayar antara Rp. 30.000 hingga Rp. 175.000.

7. Nikmati Relaksasi di Kolam Air Panas

Jika Anda merasa lelah setelah menjelajahi berbagai wahana, kolam air hangat siap menyambut Anda. Dengan udara sejuk pegunungan, berendam di air panas akan memberi sensasi relaksasi yang luar biasa.

8. Petualangan dengan ATV

Kendaraan beroda empat yang dikenal dengan nama ATV menjanjikan petualangan menarik di medan off road kebun teh. Anda dapat menyewanya dan menjelajahi kebun dengan cara yang berbeda.

9. Konsep Pernikahan di Tengah Kebun

Pernikahan bertema kebun menjadi tren terbaru, menawarkan suasana yang sakral namun tetap santai. Bagi Anda yang belum memiliki kebun sendiri, Kebun Teh Wonosari di Malang ini menawarkan tempat yang ideal untuk mewujudkan pesta kebun impian Anda.

10. Bermain dengan Mobil Baterai untuk Anak-anak

Kebun Teh Wonosari juga memikirkan kesenangan anak-anak. Tersedia mobil baterai yang aman dan seru bagi mereka. Biaya sewa untuk kesenangan ini hanya sebesar Rp. 10.000.

Alamat dan Rute Menuju Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari kini menjadi salah satu tujuan wisata favorit, terutama di akhir pekan. Lokasinya yang mempesona ditambah dengan aksesibilitas yang baik menjadikannya destinasi yang mudah dijangkau oleh para wisatawan.

Wisata alam ini terletak di Bodean Putuk, Toyomarto, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya yang strategis ini memudahkan para pengunjung untuk menjelajahi dan menikmati keindahan kebun teh yang luas dan mempesona.

Baca Juga:  Pantai Teluk Asmara, Pesona Laut dan Kehangatan Cinta di Malang

Bagi Anda yang datang dari pusat kota Malang, jarak yang harus ditempuh untuk mencapai wisata sekitar 34 km. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, untuk mencapai destinasi menarik ini.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Wonosari

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Wonosari
Foto: Google Maps/Wisata Agro Wonosari

Kebun Teh Wonosari Malang, salah satu destinasi wisata populer di Malang, memikat para pengunjung dengan panorama alamnya yang mempesona dan udara pegunungan yang segar dan sejuk. Tempat ini menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan yang ingin menenangkan pikiran sambil menikmati keindahan alam.

Sebagai destinasi wisata yang menawarkan pengalaman menarik dengan tarif yang terjangkau, tiket masuk kebun teh ini dibanderol dengan harga Rp.8.000 untuk hari kerja dan Rp.12.000 di akhir pekan. Perlu dicatat bahwa harga tiket dapat berubah dan belum termasuk biaya parkir.

Tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan. Manfaatkan kesempatan berharga bersama keluarga dengan berlibur dan piknik di Kebun Teh Wonosari, khususnya saat akhir pekan.

Bagi Anda yang berencana mengunjungi, wisata alam ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Meluangkan waktu di Kebun Teh Wonosari bukan hanya memberikan pengalaman visual yang menakjubkan, tetapi juga pengalaman spiritual dan edukatif. Kebun ini adalah saksi sejarah panjang industri teh di Indonesia, dan setiap helai daun teh menyimpan cerita tentang dedikasi, kerja keras, dan tradisi.

Ketika kita meninggalkan kebun ini, kita membawa pulang bukan hanya kenangan indah, namun juga penghargaan mendalam terhadap tanah, alam, dan tangan-tangan yang telah menjaga kebun ini selama berabad-abad.