Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

35 Tempat Wisata di Malang yang Lagi Hits dan Populer

Avatar photo
×

35 Tempat Wisata di Malang yang Lagi Hits dan Populer

Share this article
Tempat Wisata Malang

Malang, perpaduan sempurna antara peninggalan sejarah, keindahan alam, dan kehidupan kota yang dinamis! Terletak di Jawa Timur, Malang adalah destinasi yang menawarkan berbagai macam pengalaman yang tak terlupakan. Dari wisata alam hingga budaya, tempat-tempat di Malang selalu memiliki daya tarik khusus yang membuat para wisatawan kembali lagi dan lagi.

Dengan hawa sejuk dan keramahan penduduknya, Malang telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Mari kita jelajahi beberapa tempat wisata di Malang yang sedang hits dan populer!

Promo Kredivo

1. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise
Foto: Twitter/Piknikdong.Com

Dikenal sebagai Malang Night Paradise, destinasi ini kini menjadi favorit di kalangan wisatawan. Menggabungkan cahaya lampu LED dan lampion, tempat ini memancarkan keindahan yang membuatnya sempurna untuk swafoto. Tak hanya itu, ada beragam wahana seru seperti Magic Journey 2, Roemah 147, Adventure Land, hingga Museum Ganesya.

Harga Tiket: Rp 55.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Graha Kencana Raya, Karanglo, Balearjosari, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

2. Batu Flower Garden

Batu Flower Garden
Foto: Twitter/Bunda Diyanra

Batu Flower Garden bukan sekadar kebun bunga biasa. Terletak di ketinggian 1.000-1.200 mdpl, keindahannya semakin sempurna dengan latar Gunung Panderman. Beberapa spot favorit termasuk pemandangan bukit dan Air Terjun Coban Rais. Jika ingin, pengunjung bisa memilih untuk berkemah.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

3. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular
Foto: Twitter/AdventureTour&Travel

Batu Night Spectacular menyuguhkan ragam hiburan untuk semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Salah satu ikon dari BNS adalah Taman Lampion, yang dengan sejuta lampionnya menciptakan suasana romantis yang tak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hayam Wuruk, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

4. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari
Foto: Twitter/Helmypahlevy

Datang dan nikmati hijaunya Kebun Teh Wonosari dengan udara sejuk pegunungan. Pengunjung bisa menyaksikan proses pengolahan teh dan mencicipinya langsung. Jika lelah berjalan, kolam air panas siap menyegarkan. Ada juga aktivitas outbound bagi yang mencari tantangan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bodean Putuk, Toyomarto, Kec. Singosari, Kab. Malang, Jawa Timur.

5. The Onsen Hot Spring Resort

The Onsen Hot Spring Resort
Foto: Twitter/Passpod Indonesia

The Onsen Hot Spring Resort menawarkan pengalaman serupa berada di Jepang. Lokasinya di Jalan Arumdalu, Batu, memungkinkan kamu untuk merasakan kenyamanan onsen khas Jepang dengan biaya Rp150 ribu per orang. Ingin berfoto dengan kimono? Tersedia penyewaan dengan tarif terjangkau.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Arumdalu, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

6. Pesisir Karang Pantai Parang Dowo

Pesisir Karang Pantai Parang Dowo
Foto: Facebook/Agung Rahardjo

Berada di Kabupaten Malang bagian selatan, Pantai Parang Dowo menyajikan pemandangan batuan karang memanjang yang unik. Batuan ini berfungsi sebagai pelindung dari ombak besar, menjadikannya spot foto eksotik yang banyak dicari.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

7. Pantai Parang Dowo

Pantai Parang Dowo
Foto: Twitter/Efanani

Datang ke Pantai Parang Dowo, dan saksikan keajaiban karang yang berubah warna sesuai musim. Pada musim hujan, karang bersemu hijau, menciptakan latar yang menawan. Meski tenang berkat batuan pelindung, pengunjung tetap perlu waspada saat berada di sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

8. Taman Labirin Coban Rondo

Taman Labirin Coban Rondo
Foto: Twitter/Wisata di Malang

Di kaki Coban Rondo, Batu, terdapat labirin hijau setinggi dua meter yang mengajak pengunjung berpetualang ala Alice in the Wonderland. Bukan hanya labirin, Coban Rondo juga menyuguhkan outbond, kemah, dan sensasi menyegarkan di air terjun.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Coban Rondo, Sebaluh, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

9. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung
Foto: Twitter/Iam.Helang

Berlokasi di Desa Gajah Rejo, Pantai Batu Bengkung menawarkan keunikan bentuk bebatuan yang menyerupai ‘bekung’. Meski memiliki ombak besar dari Samudera Hindia, batuan ini menciptakan kolam renang alami dengan air asin yang relatif aman untuk berenang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.
Baca Juga:  Curug Leuwi Cieung, yang Airnya Sebening Tatapan Mata Raisa

10. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna
Foto: Twitter/EmakMacan

Sesuai namanya, Pantai Tiga Warna di Dusun Sendangbiru menyuguhkan gradasi warna biru, hijau, dan coklat yang memukau. Meski kunjungan dibatasi hanya 2 jam per rombongan, tiap momen di sini pasti akan menjadi kenangan tak terlupakan dengan tiket masuk hanya Rp10.000.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

11. Taman Bunga Santerra de Laponte

Taman Bunga Santerra de Laponte
Foto: Facebook/Dzulqarnain Id

Santerra de Laponte merupakan destinasi Impian di wisata Malang bagi para pecinta keindahan flora. Memajang lebih dari 700 variasi bunga, baik dari spesies lokal maupun internasional, pengunjung dapat menikmatinya dalam area indoor maupun outdoor.

Namun, bukan hanya bunga, kawasan ini juga menawarkan serangkaian wahana permainan untuk anak-anak, mulai dari rumah balon, trampolin, hingga bumper car.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Truno Joyo, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur

12. Museum Angkut

Museum Angkut
Foto: Facebook/SulaimanBromo

Museum ini menjadi saksi bisu perjalanan moda transportasi dari masa ke masa, menampilkan koleksi ratusan kendaraan dari berbagai era. Terletak di lahan seluas 3,8 hektare, Museum Angkut buka dari pukul 12.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Sesuai informasi dari Instagram mereka, tiket masuk di hari kerja dibanderol seharga Rp 100.000 dan di akhir pekan menjadi Rp 110.000.

Harga Tiket: Rp 110.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

13. Omah Kayu

Omah Kayu
Foto: Twitter/Lintang Buana Tours

Inspirasi dari konsep rumah pohon, Omah Kayu didirikan di atas pohon pinus, menyajikan pemandangan alam yang memukau. Selain menjadi latar foto yang menawan, tempat ini juga menawarkan pengalaman unik menginap di rumah pohon asli. Apakah Anda tertarik mencobanya?

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

14. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul
Foto: Twitter/DesaBisa

Berada di kawasan Malang-Batu, Desa Wisata Pujon Kidul menghadirkan kampung argowisata dengan panorama dataran tinggi yang mempesona dan udara yang menyegarkan. Dikelola oleh masyarakat setempat, ada beragam aktivitas menarik yang bisa dinikmati di sini, seperti menikmati suasana cafe di tengah sawah, hiking ke Coban, hingga mengunjungi peternakan sapi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pujon Kidul, Pujon, Krajan, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

15. Keindahan Alam di Puncak Bundu

Keindahan Alam di Puncak Bundu
Foto: Facebook/Aries Noer Cahyo

Puncak Bundu atau dikenal juga dengan Bukit Pelindung, memperlihatkan kecantikan alam Kota Malang yang mempesona, lengkap dengan sungai yang mengalir jernih. Tak lupa, berbagai spot foto menarik juga telah disiapkan, seperti jari-jari tangan, kursi dari kayu, meja, hingga hammock, dengan tarif masuk yang sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwoharjo, Kec. Ampelgading, Kab. Malang, Jawa Timur.

16. Plaza Malang

Plaza Malang
Foto: Google Maps/Massool

Sebagai salah satu pusat pertemuan di Malang, Plaza Malang sering dijadikan tempat berkumpul dan beristirahat oleh warga setempat bersama keluarga atau teman-teman mereka. Salah satu ikon di alun-alun ini adalah air mancur yang menambah estetika tempat. Selain itu, demi mendukung kegiatan masyarakat, alun-alun ini dilengkapi dengan fasilitas WiFi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat:  Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

17. Jatim Park I

Jatim Park I
Foto: Google Maps/Bang Auky

Menurut situs resmi Jatim Park 1, tempat ini menyuguhkan ragam atraksi edukatif dan hiburan. Dengan zona seperti taman fisika, galeri etnik, dan taman sejarah, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana menarik seperti Himalaya Coaster dan Flying Tornado.

Tiket masuknya untuk Jatim Park 1 dan Museum Tumbuh dimulai dari Rp 120.000, sementara kombinasi dengan Museum Angkut adalah Rp 160.000.

Harga Tiket: Rp 120.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dewi Sartika Atas, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

18. Kebun Raya Selecta

Kebun Raya Selecta
Foto: Twitter/Su Indonesia

Taman Selecta di Malang adalah representasi keindahan alam yang tak pernah habis. Pemandangan taman bunga yang memukau di sini seakan menjadi oasis bagi mereka yang ingin melepaskan kepenatan. Udara Malang yang segar menambah nilai plus. Selain taman, beberapa fasilitas lain seperti kuda, kolam renang, dan sepeda angin juga siap menghibur pengunjung.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Malam Malang yang Paling Hits dan Legendaris
Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Selecta, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

19. Bukit Teletubbies di Batu

Bukit Teletubbies di Batu
Foto: Facebook/LivinRide Motovlog

Meskipun Bromo memiliki “Bukit Teletubbies”, Kota Batu juga memiliki versi mereka sendiri! Bukit bergelombang yang mengingatkan pada latar film Teletubbies ini adalah spot favorit bagi warga dan wisatawan. Selain menjadi latar foto yang menawan, panorama Gunung Arjuno di kejauhan semakin memperindah pemandangan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bumiaji, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

20. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
Foto: Twitter/Sriana Devi

Pantai Balekambang, dengan keunikan Pura Ismoyo yang dihubungkan oleh jembatan sepanjang 70 meter, kerap dijuluki sebagai “Tanah Lot”-nya Malang. Dengan hanya Rp 15.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam pantai yang mempesona dan serangkaian fasilitas lengkap yang disediakan di sana.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kec. Bantur Malang, Jawa Timur.

21. Teluk Sirena

Teluk Sirena
Foto: Twitter/Alex Journey

Teluk Sirena menawarkan cekungan air indah yang dikelilingi oleh formasi karang menawan. Tempat ini ideal bagi mereka yang ingin berenang sambil menghilangkan lelah. Selain itu, semburan air yang kita saksikan berasal dari ombak yang menghantam karang dari Pantai Mbehi, menyisakan kolam alami di Teluk Sirena.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambak, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

22. Jatim Park II

Jatim Park II
Foto: Twitter/Xinhua Indonesia

Sebagai bagian lain dari PT Jawa Timur Park Group, Jatim Park II memprioritaskan aspek edukatif. Beberapa atraksi utama di sini meliputi Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Tarif masuk terbaru untuk menikmati seluruh keindahan Jatim Park II dimulai dari Rp 130.000 per individu.

Harga Tiket: Rp 130.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

23. Desa Biru Arema

Desa Biru Arema
Foto: Facebook/Aremadesign

Sebagai lanjutan dari Kampung Warna-Warni Jodipan, Malang juga menampilkan Desa Biru Arema. Di sini, Anda akan menemukan banyak rumah yang dicat dengan nuansa biru, mewakili warna tim sepak bola lokal, Arema. Mengambil foto dengan latar belakang mural di sini juga merupakan hal yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

24. Paragliding di Gunung Banyak

Paragliding di Gunung Banyak
Foto: Twitter/PLS 100 FM Makassar

Awalnya sebagai landasan untuk para peserta paralayang, Gunung Banyak kini menjadi destinasi wisata populer. Berada di ketinggian 1.326 meter di atas permukaan laut, Anda bisa menikmati sensasi paragliding atau hanya sekedar menikmati pemandangan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Songgokerto, Gunung Banyak, Kota Batu, Jawa Timur.

25. Taman Edukasi Kelinci di Pujon

Taman Edukasi Kelinci di Pujon
Foto: Google Maps/Dhina BSA

Tempat ini adalah pilihan sempurna bagi keluarga dengan anak-anak untuk mengalami edukasi interaktif. Ada kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan kelinci, memberi mereka makan, hingga mencoba aktivitas outbound. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, Rp20 ribu untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak berusia 1-4 tahun.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Samaan Klojen, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

26. Gunung Banyak Sky Garden

Gunung Banyak Sky Garden
Foto: Google Maps/Massool

Bagi mereka yang menginginkan foto-foto yang Instagrammable, Gunung Banyak Sky Garden adalah tujuan yang sempurna. Selain pemandangan indah dari ketinggian yang memberikan kesan dekat dengan langit, lokasi ini juga menawarkan kafe dan tempat menginap.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Songgokerto, Gunung Banyak, Kota Batu, Jawa Timur.

27. Coban Rondo Waterfall

Coban Rondo Waterfall
Foto: Facebook/Andre Sasmita

Coban Rondo adalah tontonan alami yang mempesona dengan pemandangan air terjun dan lanskap alam sekitarnya. Terdapat legenda setempat tentang kisah tragis dari pasangan kekasih di tempat ini. Akses ke air terjun ini sangat praktis, dengan jarak hanya sekitar 200 meter dari tempat parkir.

Baca Juga:  Kampung Tridi Malang, Memasuki Dunia Seni 3D yang Mengagumkan
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

28. Jodipan Colorful Village

Jodipan Colorful Village
Foto: Twitter/SaintShine

Kampung Warna-Warni Jodipan di Malang adalah lokasi yang wajib dikunjungi bagi pecinta fotografi. Seluruh kampung, dari rumah hingga jalanannya, dilukis dengan warna-warna cerah dan dekoratif.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

29. Nirwana Hill

Nirwana Hill
Foto: Facebook/Ardiansyah Ardi

Salah satu daya tarik wisata bukit di Malang adalah Nirwana Hill yang menawarkan pemandangan dari sepuluh gunung berbeda. Dari ketinggian, wisatawan dapat menikmati sunrise dan sunset yang menakjubkan. Banyak aktivitas yang dapat dinikmati, seperti berkemah dan menikmati hamparan alam yang luas.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tulungrejo, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

30. Sengkaling Waterpark

Sengkaling Waterpark
Foto: Facebook/Densai

Sengkaling Waterpark adalah destinasi keluarga yang menyenangkan, menawarkan berbagai wahana air di lahan seluas 9 hektar. Area ini dikelilingi pepohonan, memberikan nuansa teduh dan sejuk.

Yang unik dari waterpark ini adalah sumber airnya berasal dari mata air pegunungan, dan berenang di Kolam Tirta Alam dikatakan dapat menjaga kesegaran dan keawetan muda Anda.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Mulyoagung, Mulyoagung Dau Sengkaling Jetis, Jetis, Mulyoagung, Kec. Dau, Kab. Malang, Jawa Timur.

31. Selecta Leisure Park

Selecta Leisure Park
Foto: Facebook/Galou Massinissa

Selecta Leisure Park mempesona dengan keindahan berbagai bunga berwarna-warni di tengah udara sejuk dan lanskap alami. Selain itu, ada kolam renang yang cocok untuk bersantai bersama keluarga dan beragam fasilitas, termasuk area bermain anak dan bioskop 4D.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Selecta, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

32. Bajulmati Beach

Bajulmati Beach
Foto: Twitter/Boby Widjaja

Yang membedakan Pantai Bajulmati dari wisata pantai lain di Malang adalah formasi cekungannya. Disebut “Bajulmati” atau “biawak mati” karena dari kejauhan ada bukit yang menyerupai bentuk biawak yang sedang berbaring.

Walaupun menarik, pantai ini memiliki area yang curam, sehingga berenang ke bagian tengah dilarang. Ada juga jembatan ikonik yang menjadi spot foto favorit pengunjung.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Umbulrejo, Gajahrejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur

33. Jatim Park III

Jatim Park III
Foto: Google Maps/Handry Bernard

Ketika kamu pikir Jatim Park sudah memberikan semua yang bisa ditawarkan, ada lagi Jatim Park 3 yang penuh dengan wahana menarik. Beberapa yang harus dicoba adalah perjalanan melalui Jelajah 5 Zaman, Ice Age, hidup bersama Dino, dan The Rimba.

Harga Tiket: Rp 160.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ir. Soekarno, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

34. Kalireco Natural Bath

Kalireco Natural Bath
Foto: Facebook/GenWi Singapore

Pemandian Kalireco, dengan sumber air alami yang jernih, baru saja dibuka sebagai tempat wisata. Udara segar dan pohon-pohon yang rindang menambah keindahan tempat ini. Pengunjung bisa menikmati berenang, mengambil foto, atau sekadar bersantai. Yang menarik, tidak ada biaya masuk untuk menikmati keindahan ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sumber Waras, Krajan, Kalirejo, Kec. Lawang, Kab. Malang, Jawa Timur.

35. Gunung Bromo

Gunung Bromo
Foto: Facebook/Gamblis

Gunung Bromo merupakan ikon wisata Malang, terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dikenal akan keindahan matahari terbitnya, untuk mencapainya pengunjung perlu naik jeep dan berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit.

Walaupun perjalanannya menantang, melihat pemandangan sunrise dari puncak Bromo pasti akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan.

Harga Tiket: Rp 34.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gn. Bromo, Podokoyo, Kec. Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Itulah beberapa tempat wisata di Malang terpopuler dan lagi hits. Dari gemerlap Taman Bunga Selecta, hingga misteri di balik Candi Badut, setiap destinasi memiliki keunikan sendiri yang menjadikannya wajib dikunjungi.

Malang, dengan berbagai penawaran wisatanya, tentunya menjadi pilihan yang sempurna untuk petualangan berikutnya. Semoga perjalanan Anda di Malang membawa kenangan yang berharga dan merangsang keinginan untuk terus menjelajahi kekayaan Indonesia. Sampai jumpa di petualangan berikutnya!