Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Satu-satunya di Dunia, Sensasi Berendam dengan Air Soda di Tapanuli Utara!

Avatar photo
×

Satu-satunya di Dunia, Sensasi Berendam dengan Air Soda di Tapanuli Utara!

Share this article
Yuk, Ber-Selfie Penuh Warna di Kampung Jodipan, Malang!

Berwisata dan mandi di dalam air soda, pernahkah hal itu terpikirkan olehmu? Ya, sensasi ini memang betul ada di Indonesia. Serta uniknya lagi, fenomena langka ini hanya ada dua di dunia! Penasaran dengan keunikannya? Yuk, simak ulasannya!

Minar Sihite, adalah seorang warga lokal yang menemukan kolam unik ini pada tahun 1973 silam ketika sedang mencangkul di sawah yang terletak di Desa Parbubu 1, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Warga yang beruntung ini menemui sumber mata air yang keluar dari tanah yang ia gali.

Promo Kredivo

Meskipun ternyata air yang muncul sedikit berbeda, buih-buih seperti halnya minuman soda yang menyegarkan muncul dari sumber mata air tersebut. Kolam ini dulunya hanya ditutupi oleh bebatuan dan semak serta menjadi kubangan kerbau, namun sejak tahun 2004 kolam ini telah ‘disulap’ menjadi tempat wisata yang unik.

Selain begitu unik, kolam mata air ini ternyata dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan terutama kesehatan kulit. Air berbuih di dalam kolam yang berada di pinggiran sawah ini berkhasiat menyembuhkan gatal-gatal, reumatik dan sakit mata. Tak heran, selain para wisatawan yang berlibur banyak juga warga yang ingin menghilangkan penyakit datang kemari.

Pemandian air soda ini dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan Aek Rara atau yang dalam bahasa Batak artinya Air Merah. Memang air di sini terlihat kemerah-merahan seperti karat, dan hal itu dianggap merupakan hal mistis oleh warga lokal. Namun, sekarang kolam ini kian melejit berkat keunikannya.

Baca Juga:  Kebun Teh Wonosari, Sebuah Permata Hijau di Atas Awan Malang

Panorama menghijau di sekitaran kolam air soda sungguh menenangkan. Jenis kolam alami seperti ini disebut-sebut hanya ada dua di dunia, yakni di Venezuela dan Tapanuli Utara. Namun, kolam yang berada di daerah Amerika Latin tersebut kini tidak lagi digunakan sebagai pemandian, yang artinya pemandian air soda di Desa Parbubu kini menjadi satu-satunya di dunia

Untuk mencapai kolam unik ini, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 200 kilometer dari pusat Kota Medan dengan lama perjalanan kurang lebih 6 hingga 7 jam dengan akses jalanan yang cukup baik. Nantinya, kamu akan melewati beberapa kota besar yakni Medan – Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Parapat – Porsea – Balige – Siborong-borong – Tarutung.

Sampai di Tarutung, kamu hanya tinggal menempuh perjalanan selama 10 menit saja ke arah Sibolga. mudah bukan? Jadi, apakah kamu juga ingin mencoba sensasi mandi di kolam air soda yang unik ini? Yuk, ke sini aja!