Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Dayeuh Manggung, Eksplorasi Keindahan Sejarah Perkebunan Teh Belanda di Garut

Avatar photo
×

Dayeuh Manggung, Eksplorasi Keindahan Sejarah Perkebunan Teh Belanda di Garut

Share this article
Dayeuh Manggung, Eksplorasi Keindahan Sejarah Perkebunan Teh Belanda di Garut

Temukan pesona Dayeuh Manggung, perkebunan teh bersejarah di Garut yang memikat dengan keindahan alam dan warisan Belanda, mengajak Anda menelusuri jejak masa lalu di tengah hamparan hijau.

Garut tidak lepas dari keindahan alamnya yang indah dan menawan. Sehingga, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi berbagai objek wisata alamnya. Salah satunya yaitu Dayeuh Manggung.

Promo Kredivo

Tempat ini memiliki pesona alam yang indah di atas ketinggian 1.000m hingga 1.300m. Berikut apa saja yang dimiliki oleh tempat wisata indah di Garut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Dayeuh Manggung

Daya Tarik yang Dimiliki Dayeuh Manggung
Foto: Google Maps/Ramdan Permana

1. Kampung Amsterdam

Disebut sebagai Kampung Amsterdam bukan karena mirip seperti Amsterdam di Belanda. Namun, namanya diambil karena merupakan bekas peninggalan warga Amsterdam yang pernah bermukim disini.

Menariknya, kampong ini tidak pernah disentuh atau direnovasi sama sekali. Sehingga, suasana atau kondisinya kini masih sama dengan zaman dulu.

Dengan lahan seluas 7 hektar, kampong ini memiliki 12 bangunan rumah semi permanen dari kayu serta sedikit rumah yang menggunakan tembok.

Dari 12 rumah inilah, hanya 24 warga yang tinggal. Warga disini juga memelihara kambing dengan sebutan Embe’ Bule. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama wisata Dayeuh.

2. Pemandangan Hijau dan Asri

Pengunjung Dayeuh sering kali tidak menyadari bahwa saat mengunjunginya mata mereka jarang berkedip. Sebab, pemandangan alamnya yang sangat memukau.

Dengan pemandangan yang serba hijau dan asri, panorama alam sekitar selalu memanjakan mata siapapun yang memandangnya.

Pengunjung juga bisa melihat bentangan kebun jeruk dari berbagai jenis. Namun, kebanyakan dari jeruk kapok. Adapun desa ini berada di bagian selatan Gunung Cikuray dengan hamparan perkebunan.

Baca Juga:  Bekasi Juga Punya Tempat Wisata Romantis Lho

Di atas ketinggian lebih dari 1000 Mdpl, cuaca kawasan ini sangat menyejukkan dan membuat para pengunjung betah berlama-lama.

3. Spot Foto Gratis

Bisa dikatakan bahwa paling banyak pengunjung Dayeuh yaitu pemuda milenial. Hal ini karena mereka sangat suka berburu spot foto dimana banyak dimiliki oleh tempat wisata Garut satu ini.

Terlebih lagi, ada spot foto sederhana berupa kawat dan bangku yang berbentuk love. Latar belakangnya pun juga pemandangan yang sangat indah.

Bagi yang tertarik untuk menghampiri spot foto unik, Dayeuh Manggung mempunyai talang air yang panjang. Talan ini bekas dari peninggalan Belanda dengan panjang 200 meter lurus tanpa berkelok.

Dikarenakan terbuat dari bahan baja tahan lama, talang air ini masih bisa digunakan sebagai pemasok kebutuhan air warga sekitar.

4. Kampoeng my Darling

Dengan menerapkan Asas Manfaat, kampong ini berhasil membangun Kampoeng my Darling sebagai spot menariknya.

Anda bisa melihatnya dari berbagai barang bekas yang disulap menjadi karya indah guna menghiasi tempat tinggal. Seain mempercantik, tujuan konsep ini yaitu untuk menjaga kelestarian alam.

Perhatian utama warga sekitar Dayeuh yaitu sampah plastik. Mereka bekerja sama mengolahnya menjadi barang bernilai tinggi.

Dengan tata lokasi yang indah serta penuh warna, kampong ini memiliki daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan selama berkunjung. Jalanan yang masih berupa tanah memang sengaja dibiarkan seperti ini untuk memberikan kesan yang natural dan alami.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Berada di lereng Gunung Cikarang, lokasi ini sangat mudah ditemukan. Apalagi, jarak dari alun-alun Garut terbilang sangat dekat yaitu hanya sekitar 13 kilometer.

Baca Juga:  Menyelami Kolam Sebening Kristal di Goa Kupang Barat

Jarak ini tidak jauh dan bisa tempuh hanya dalam 30 menit. Untuk mengunjunginya, pastikan bahwa anda menuju wilayah Sukatani, Kec, Cilawu, Kab. Garut, Jawa Barat.

Perjalanannya pun tidak terlalu lama karena anda akan disuguhi oleh pemandangan alam yang indah di sekitar jalan. Anda bisa memulai perjalanan dengan menuju Jalan Pasundan jika dari arah pusat Garut.

Kemudian, jalan ke arah Cilawu dan Jalan Sukamukti. Selanjutnya, ambil arah ke Jalan Raya Genteng. Melalui Jalan Garut Tasikmalaya, gunakan Jalan Desa Dayeuhmanggung.

Anda bisa belok kiri setelah pertigaan kurang lebih 1 kilometer dan pertigaan terakhir sekitar 2 kilometer. Akan ada banyak papan petunjuk yang bisa digunakan sebagai acuan menuju lokasi tempat wisata ini. Anda pun juga bisa bertanya pada warga.

Kegiatan Seru yang Dapat Dilakukan

Kegiatan Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Facebook/Liputan Garut

1. Menikmati Panorama Alam

Alam indah membuat siapapun yang menatapnya merasa kagum dan takjub akan ciptaan Tuhan. Dengan hijaunya hamparan perkebunan di belakang Dayeuh, ada landscape gunung serta perbukitan yang membuat para pengunjung tidak henti-hentinya berdecak kagum. Saat berada di Dayeuh, anda bisa menikmati panorama alam yang disajikan untuk menyegarkan mata.

2. Berswafoto

Kegiatan wisata tidak lengkap rasanya jika melewatkan momen tanpa mengabadikannya. Untuk itu, kegiatan berburu foto ialah hal yang wajib dilakukan selama berwisata.

Kegiatan ini tidak akan membosankan selama berada disini karena akan ada banyak spot yang bagus dijadikan sebagai tempat berfoto.

3. Belanja Jajanan Khas

Sebelum pulang, tentunya anda tidak akan pulang dengan tangan kosong. Maka dari itu, sangat disarankan bagi anda untuk membawa oleh-oleh dagangan UMKM di sekitar kawasan Dayeuh ini.

Baca Juga:  Yuk, Berwisata ke Mata Air Citaman yang Airnya Jernih dan Sedingin Es!

Oleh-oleh inilah yang bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga maupun tetangga di rumah. Adapun oleh-olehnya berupa makanan ringan lezat, seperti dodol Garut, sale pisang, dan keripik bayam.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Pihak pengelola wisata Dayeuh telah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang para pengunjung selama berada di tempat wisata. Tentunya fasilitas-fasilitas yang disediakan layak digunakan.

Selain itu, warga sekitarnya juga gotong royong membuat toilet serta kamar mandi bagi para wisatawan. Adapun fasilitas-fasilitas lainnya yaitu spot foto, gazebo, serta area camping.

Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi tempat wisata. Selain budget, sarana dan prasarana objek wisata juga perlu dipertimbangkan.

Namun, jika dilihat dari semua informasi di atas, Dayeuh Manggung sangat layak dimasukkan ke deretan destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Sebab, akses dan fasilitas penunjangnya pun sangat lengkap.