Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Taman Wisata Air Wendit, Surga Tersembunyi di Jantung Malang

Avatar photo
×

Taman Wisata Air Wendit, Surga Tersembunyi di Jantung Malang

Share this article
Taman Wisata Air Wendit, Surga Tersembunyi di Jantung Malang

Temukan keindahan alam yang memukau dan ketenangan yang tidak terlukiskan di Taman Wisata Air Wendit, destinasi surgawi yang tersembunyi di tengah jantung Malang.

Taman Wisata Air Wendit, terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur, adalah salah satu permata tersembunyi yang menawarkan pesona alam yang luar biasa. Dengan mata air alami yang dipercaya memiliki keistimewaan tersendiri, tempat ini telah menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pelancong dan pencinta alam.

Promo Kredivo

Dikelilingi oleh pepohonan hijau dan suasana pedesaan yang tenang, Taman Wisata Air Wendit di Malang ini menyajikan pengalaman menyegarkan yang memikat hati setiap pengunjung.

Sejarah dan Mitos Taman Wisata Air Wendit

Sejarah dan Mitos Taman Wisata Air Wendit
Foto: Google Maps/Rudy Prayitno (Rudy SP)

Taman Wisata Wendit Malang ini memiliki sejarah yang kaya dan panjang, yang diperkirakan bermula sejak era Kerajaan Mataram. Pada masa Kerajaan Majapahit, taman ini menjadi destinasi favorit para selir kerajaan untuk berendam. Masyarakat setempat meyakini bahwa air di lokasi ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Dipercaya bahwa membasuh wajah dengan air kolam Wendit dapat memberikan keabadian dan kesehatan yang berkelanjutan. Ada juga kepercayaan yang mengatakan bahwa air tersebut memiliki kemampuan penyembuhan terhadap berbagai penyakit.

Sumber air di Taman Wisata Air Wendit diduga berasal dari empat mata air dari Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Kawi, dan Gunung Bromo. Inilah yang membuat beberapa orang menganggap air ini suci dan sarat dengan berkah.

Meski demikian, satu hal yang tak terbantahkan adalah kesegaran dan kejernihan air di Wendit Waterpark. Kolam ini mampu mengembalikan vitalitas dan energi bagi siapa pun yang berendam di dalamnya.

Dahulu kala, kolam ini dikenal sebagai Bureng, sebuah nama yang tercatat dalam Kitab Negarakertagama. ‘Bureng’ merupakan istilah untuk telaga dengan air berwarna biru yang mempesona. Di dalam area tersebut, ada Candi Bermakala dan beberapa struktur arsitektur lainnya yang memikat.

Baca Juga:  Serunya Narsis di Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Konon, Hayam Wuruk, raja dari Majapahit, pernah mampir ke tempat ini, bukan hanya untuk menikmati keindahan alamnya, namun juga untuk melaksanakan ritual keagamaan di situs suci yang ada di sana. Sejak abad ke-14 Masehi, tempat ini mulai dikembangkan oleh Majapahit dan tetap dijaga sebagai tempat yang sakral.

Alamat dan Rute Menuju Taman Wisata Air Wendit

Taman Wisata Air Wendit terletak di Jl. Raya Wendit Timur, Lowoksoro, Mangliawan, Kec. Pakis, Kab. Malang. Dari pusat Kota Malang, lokasinya cukup dekat. Dengan menempuh jarak sekitar 8 km, Anda akan tiba di Taman Wisata Wendit.

Untuk mengunjungi taman wisata air ini, Anda dapat memilih menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum. Jika Anda memutuskan untuk memanfaatkan angkutan umum, Anda bisa naik angkutan umum dengan rute Tumpang-Arjosari, yang dikenal dengan sebutan angkot TA. Angkutan ini memiliki ciri khas warna putih dengan aksen hijau dan dapat Anda temukan di Terminal Arjosari Malang.

Tetapi, bagi Anda yang datang dari luar kota dan mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh, jarak ke taman wisata air kurang lebih hanya 5 km. Anda dapat memilih menggunakan taksi atau menyewa kendaraan untuk menuju ke destinasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit

Biaya masuk ke Taman Wisata Wendit bervariasi tergantung hari kunjungan dan usia:

Di hari kerja (Senin – Kamis):

  • Dewasa (5 tahun ke atas) dikenakan Rp. 15.500 per orang.
  • Anak-anak (3-5 tahun) sebesar Rp. 10.500 per anak.

Untuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu) serta hari libur:

  • Dewasa dikenakan Rp. 18.500 per orang.
  • Anak-anak seharga Rp. 12.500 per anak.

Anak dengan usia di bawah 3 tahun mendapatkan akses gratis ke Taman Wisata Wendit.

Biaya parkir juga diterapkan bagi pengunjung dengan motor sebesar Rp. 2.000 per unit dan mobil Rp. 5.000 per unit.

Baca Juga:  Malang Night Paradise, Cahaya Malam yang Menakjubkan di Kota Apel

Keseruan di Taman Wisata Air Wendit

Keseruan di Taman Wisata Air Wendit
Foto: Google Maps/Achmad Dill

Taman Wisata Air Wendit di Malang, dengan latar sejarahnya yang kaya, menawarkan berbagai atraksi yang menarik. Dari kolam alami hingga wahana modern, berikut beberapa daya tarik yang bisa dinikmati pengunjung:

1. Kolam Alami Bersejarah

Kolam ini diyakini sebagai tempat beristirahatnya Raja Hayam Wuruk. Dengan kedalaman yang ramah dan air yang jernih, kolam ini menyuguhkan pengalaman berenang yang ditemani ribuan ikan kecil yang berenang bebas di sekitar.

2. Pengalaman Kolam Spa

Mandi di kolam spa adalah pengalaman yang memanjakan. Dasar kolam berlapis batu alami dengan air dingin yang menyegarkan, ditambah lagi dengan bunga mawar yang berhamburan, menciptakan suasana yang menenangkan. Sejumlah legenda menyebut bahwa berendam di sini dapat memberikan efek awet muda pada wajah.

3. Petualangan di Kolam Buatan

Kolam buatan ini adalah adaptasi dari sungai alami yang dibendung. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan telaga dengan menyewa perahu. Ada pilihan perahu dengan motor untuk kelompok besar atau perahu dayung untuk petualangan yang lebih intim. Selain itu, ada pula fasilitas tambahan seperti water park yang menambah keseruan.

4. Keseruan di Waterpark

Wahana waterpark, khususnya bagi anak-anak, menjadi daya tarik tersendiri. Dengan papan seluncur yang menantang adrenalin dan timba air raksasa yang siap membasahi, keseruan dan tawa riang pasti akan mengisi kunjungan Anda di Wendit.

5. Taman Bermain Si Kecil

Menjadi surga kecil bagi anak-anak, Taman Wisata Air Wendit Malang ini dilengkapi dengan berbagai permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, komedi putar, dan bom-bom car. Tidak hanya itu, ada juga wahana petualangan outdoor seperti flying fox dan kesempatan untuk berkuda. Bagi yang ingin menikmati danau, tersedia perahu dayung untuk disewa.

Baca Juga:  Taman Langit Gunung Banyak, Wisata Instagramable di Malang yang Kaya Pesona

6. Ritual Tradisional di Sendang Widodaren

Tidak jauh dari kolam utama, sebuah struktur berukir dengan nuansa Hindu berdiri dengan kokohnya. Di dalamnya, sumber mata air suci bernama Sendang Widodaren berada. Dekat dengan sumber mata air ini, terdapat punden dengan arca kuno.

Sendang Widodaren menjadi pusat berbagai ritual. Salah satunya adalah Grebeg Tirto Aji yang diadakan setiap Kamis Pahing di bulan Rajab, diikuti oleh komunitas Suku Tengger dari empat wilayah berbeda.

Tujuan ritual ini adalah untuk memohon kesuburan tanah dan panen yang melimpah. Ritual-rirual lainnya termasuk upacara Bersih Desa, upacara pencucian keris, dan Grebeg Suro. Sendang Widodaren dipercaya sebagai tempat sakral, mengingat dipercaya sebagai titik pertemuan empat sumber mata air dari gunung-gunung suci.

7. Kera, Maskot Wendit

Salah satu ikon yang membedakan Wendit dari destinasi lainnya adalah kera-kera yang menjadi maskot taman. Dikatakan bahwa kera-kera ini adalah penjaga dari sumber mata air Wendit dan dianggap sebagai penghubung dengan dunia kerajaan di Tengger.

Kera-kera yang ada di Wendit adalah spesies ekor panjang dan sangat jinak dengan pengunjung. Mereka bebas mengembara di hutan sekitar dan biasa ditemukan bertengger di pepohonan. Hutan kecil Wendit, dengan pohon-pohon Jati dan Sonokeling, menjadi rumah bagi kera-kera ini dan menjadikannya sebagai salah satu daya tarik utama bagi pengunjung.

Setelah menjelajahi keindahan dan misteri Taman Wisata Air Wendit, satu hal yang pasti: tempat ini menawarkan lebih dari sekadar pemandangan. Ini adalah cerita, legenda, dan momen kedamaian yang membangkitkan rasa syukur akan kebesaran alam.

Sebagai destinasi yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan kota, Taman Wisata Air Wendit menjanjikan pengalaman yang tidak hanya menyenangkan mata, tetapi juga menyentuh jiwa.