Candi Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur - Alinea,ID

Kesiniaja.com – Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia. Selain itu candi ini juga merupakan 7 keajaiban dunia. Borobudur tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan yang melihat kemegahan candi terbesar di Indonesia ini. 

Candi Borobudur – Alinea

Sejarah

Borobudur dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra dan baru diselesaikan oleh putrinya, Ratu Pramudawardhani. Sebuah legenda Jawa bercerita tentang Gunadarma yang berbaring sambil memandang Candi Borobudur hingga tertidur dan tubuhnya berubah menjadi perbukitan Monoreh. Gunadarma kemudian dianggap sebagai arstitek Borobudur walaupun tidak ada prasasti bersejarah tentang hal itu.

Candi ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar. Pada dinding candi dihiasi dengan 1.460 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Candi Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan juga terbanyak di dunia. Panel-panel relief ini juga juga menceritakan mengenai tingkatan kehidupan Buddha. Relief di bagian bawah candi yang disebut dengan ‘Kamadathu’ yang menceritakan tentang perilaku buruk manusia yang dipenuhi dengan nafsu dunia dan membuatnya masuk neraka. Relief di bagian tengah disebut dengan nama ‘Rapadathu’ yang memiliki sebuah arti bahwa manusia yang sudah terbebas dari hawa nafsu dunia, sedangkan relief teratas adalah ‘Arupadhatu’ yang menggambarkan tingkatan pencapaian teratas di mana para dewa bersemayam.

Relief Candi Borobudur – merahputih

Selain ketiga relief tersebut, sebenarnya masih ada panel relief di bagian terbawah Candi yang terkubur dikenal dengan nama ‘Karmawibhangga’. Inilah relief yang menceritakan mengenai tingkatan terbawah bagi manusia. Relief ini menggambarkan perilaku buruk manusia yang mengikuti hawa nafsunya seperti membunuh, bergosip dan memerkosa. Bahkan disebutkan ada gambar hubungan suami istri.

Candi Borobudur – wonderin

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di Candi Borobudur cukup memadai. Terdapat lahan parkir yang luas untuk para wisatawan yang memakai kendaraan pribadi, masjid, dan juga kios-kios yang menjual makanan dan minuman.

Selain kemegahan candi ini, para wisatawan juga dapat mengunjungi tempat-tempat yang menarik yang berada tak jauh dari lokasi candi. Tempat-tempat ini seperti pasar, perbukitan, dan juga museum. Tak jauh dari lokasi Candi Borobudur anda juga dapat menemukan dua Candi peninggalan Buddha yaitu Candi Mendut dan juga Candi Pawon. Ketiga Candi tersebut membentuk rute untuk Festival Hari Waisak yang digelar setiap tahun saat bulan purnama pada Bulan April atau Mei.

Candi Mendut – alodiatour

Lokasi dan Rute

Ikon wisata paling terkenal di Jawa Tengah ini terletak di daerah Kabupaten Magelang. Wisatawan yang ingin berkunjung dapat menempuh perjalanan dari pusat Kota Magelang sekitar kurang lebih 17 kilometer. Sedangkan dari pusat Kota Yogyakarta berjarak sejauh  41,4 kilometer, dan memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit untuk mencapai Candi Borobudur menggunakan kendaraan bermotor.

Harga

Untuk menikmati jejak sejarah yang sangat menawan ini, para pengunjung hanya dikenakan biaya tiket sebesar 15 ribu (wisatawan domestik) dan $20 untuk wisatawan mancanegara.

Exit mobile version